• News

    11 May 2015

    PROGRAM KERJA KESISWAAN TAPEL 2014/2015




    PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
    DINASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
    SMP NEGERI 1 CIAMIS
    Jl. Jendral Sudirman No 6 Tlp. 0265-771078 Ciamis Provinsi Jawa Barat

    PROGRAM KERJA KESISWAAN SMPN 1 CIAMIS
    TAHUN PELAJARAN 2014/2015


    A. LATAR BELAKANG
                Upaya peningkatan mutu kualitas sumber daya manusia yang bertaqwa, cerdas dan berahlaq mulia serta mampu hidup bersaing adalah tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (IPTEK) serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara. Hal ini menjadi tugas bersama seluruh lembaga pendidik dan tenaga kependidikan   dengan dimulai dari hal yang terkecil dan mungkin terlupakan oleh kita bersama. Salah satu masalah yang terlupakan adalah peran serta atau keaktifan siswa di luar jam belajar (ekstra kurikuler).
                Sangat boleh jadi semangat belajar siswa ditentukan dari kepuasan mereka dalam menyalurkan bakat dan keinginannya. Faktor-faktor yang berhubungan secara langsung dan tidak langsung dengan siswa harus dijadikan sebuah tolak ukur untuk menentukan keberhasilan pendidikan. Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang secara langsung berhubungan dengan siswa dan dapat mengembangkan minat, bakat, dan keinginan siswa. Prestasi demi prestasi akan terus dicetak oleh siswa jika sekolah memberikan dukungan yang lebih kepada siswa.
                Tugas utama siswa di sekolah adalah belajar. Kegiatan di luar sekolah tentu bukan suatu batu loncatan ketika siswa tidak mampu lagi belajar. Kegiatan di dalam ekstra kuriuler haruslah menjadi penopang yang sangat kuat terhadap kegiatan belajar di sekolah.

    B. KEBIJAKAN UMUM
                Kesiswaan bertugas mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa. Harapan utamanya adalah bagaimana siswa menjadi insan bertaqwa, cerdas dan berahlaq mulia selalu mengembangkan kepribadiaannya untuk kemanfaatan pribadi, lingkungan dan orang lain.
                Semua kegiatan siswa sudah terakomodir dan difasilitasi oleh sekolah. Berkenaan dengan tugas tersebut, PKS  kesiswaan sudah menentukan garis besar semua kegiatan yang boleh diiikuti oleh siswa, diantaranya :
    1. Semua kegitan dilaksanakan dengan izin kepala sekolah dan orang tua siswa
    2. Semua kegiatan tidak melupakan tugas utamanya, yaitu belajar.
    3. Semua kegiatan selalu berorientasi untuk pengembangan diri setiap siswa
    4. Semua kegiatan didanai oleh Bos Pusat, Bos Provinsi dan Komite Sekolah  
    5. Jadwal kegiatan harus disesuaikan dengan agenda kegiatan sekolah.
    6. Semua kegiatan sudah terencana dengan baik dan matang.
    7. Semua kegiatan tidak menyebabkan ekses negatif baik untuk SMP  Negeri 1 Ciamis maupun  sekolah
         lainnya.
    8. Semua kegiatan ekstra kurikuler harus dilaksanakan di luar jam sekolah kecuali dalam
        keadaan mendesak dengan izin kepala sekolah.

    C. LANDASAN HUKUM
    1.      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 butir 6 yang mengemukakan bahwa konselor adalah pendidik, Pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik,dan Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran, dan Pasal 12 Ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
    2.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar NasionalPendidikan, Pasal 5 s.d Pasal 18 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
    3.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, yang memuat pengembangandiri peserta didik dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan. 
    4.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 Tahun 2008 tentang materi pembinaan kesiswaan
    5.      Dasar Standarisasi Profesi Konseling yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun 2004 untuk memberi arah pengembangan profesi konseling di sekolah dan di luar sekolah.

    D. FUNGSI KESISWAAN
    1.      Mewakili Kepala Sekolah/ Wakil Kepala Sekolah apabila berhalangan hadir kecuali masalah keuangan dan penandatanganan surat-surat yang tidak didelegasikan.
    2.      Menyusun program kegiatan kesiswaan setiap awal tahun pelajaran dan melaporkannnya kepada Wakil Kepala Sekolah / Kepala Sekolah untuk mendapatkan pengesahannya.
    3.      Merencanakan dan melaksanakan penerimaan peserta didik baru.
    4.      Bersama staf kurikulum mengelola mutasi siswa dan melaporkannya kepada Wakil Kepala Sekolah / Kepala Sekolah.
    5.      Merencanakan dan melaksanakan masa orientasi peserta didik baru.
    6.      Mengorganisir:
                a. Kegiatan pembinaan OSIS 
                b. Kegiatan Ekstrakurikuler 
                c. Kegiatan Upacara Bendera
                d. 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerindangan,Kedamaian dan
                    Kekeluargaan)
                e. Kegiatan pelepasan peserta didik kelas IX.
                f. Kegiatan pengayaan dan tryout kelas IX
                g. Pembinaan siswa berprestasi
                f. Kegiatan memberikan informasi tentang lembaga pendidikan SMA/SMK
                   bagi peserta
                    didik kelas IX.
    7.      Mengatur tata tertib peserta didik dan mengurus peserta didik yang melanggar tata
          tertib.
         8.   Mengatur seluruh aktivitas peserta didik baik di dalam maupun di luar sekolah
         9.   Mengorganisir pelaksanaan karya wisata peserta didik.
        10.  Melaksanakan pemilihan calon peserta didik teladan dan calon siswa  
               penerima beasiswa bersama-sama dengan BK.

    E. VISI DAN MISI
        Program kerja kesiswaan mempunyai Visi dan Misi yang sesuai dengan visi dan misi   
        sekolah yaitu:
                   
                    Visi :
                Pelopor dalam inovasi, terdepan dalam prestasi serta teladan dalam sikap

                    Misi :
                1.Melaksanaan pembinaan agama secara rutin
                2.Mengoptimalisasi peningkatan iman dan taqwa peserta didik  secara rutin 
                3.Menanamkan nilai-nilai etika dalam pergaulan di sekolah maupun di masyarakat 
                    4. Mendorong kreatifitas dan produktifitas siswa dalam berkarya.

    F. STRATEGI
    1.      Mengembangkan kreatifitas, bakat, dan minat siswa
                a. Membuat kegiatan-kegiatan yang berguna buat siswa
                b. Melaksanakan kegiatan yang kreatif dan inovatif 
                c. Membuat program kerja setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan    
        ekstrakurikuler.
                d. Membuat anggaran yang proporsional untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh    
                         OSIS dan ekstrakurikuler.
    2.      Mencetak siswa yang berprestasi di dalam akademik dan organisasi
                a. Memantau seluruh kegiatan ekstra kurikuler dan OSIS. 
                b. Mengikuti seluruh turnamen, lomba-lomba, kuis-kuis, seleksi siswa teladan di Jawa
                    Barat maupun di luar Jawa Barat.
                c. Mengirim siswa berprestasi ke tingkat Provinsi Jawa Barat dan tingkat nasional di
                    bidang seni/olahraga dan akademik.
                d. Mengutus siswa mengikuti seminar dan diklat yang dilaksanakan oleh lembaga-
                    lembaga tertentu yang berhubungan dengan pengembangan kepribadian siswa.
                e. Mendata kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh siswa

    G. PROGRAM KERJA KESISWAAN

         1. PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK 
             Adapun program jangka pendek merupakan suatu rencana pencapaian tujuan kegiatan
             dalam kurun waktu 1 semester sampai 1 tahun, diantaranya:
                a. Menyusun program kerja 
                b. Mewajibkan setiap peserta didik untuk memilih maximal 2 kegiatan ekstra
                    kurikuler dengan persetujuan orang tua/wali
                c. Menyusun jadwal kegiatan setiap kegiatan OSIS dan ekskul ( semua
        jadwal terlampir)
                d. Membuat Tata Tertib Siswa ( terlampir)
                e. Menyusun pengurus dan pembina OSIS dan ekskul ( terlampir)
                f. Membina siswa yang bermasalah.
                g. Memantau dan membimbing kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan ekskul
                    ( jenis kegiatanterlampir)
                h. Menjalin hubungan baik dengan Wakasek, Kurikulum, Sarpras dan Humas.


         2. PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG
             Program jangka panjang merupakan suatu rencana pencapaian tujuan kegiatan dalam
             kurun Waktu 2  -  5 tahun, diantaranya:
                a. Membangun sekolah yang berwawasan disiplin dan patuh terhadap aturan yang     
                    berlaku. 
                b. Mencetak siswa yang berprestasi di Jawa Barat dan Nasional.
                c. Mengembangkan kepribadian siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum  
                    yang berlaku.
                d. Mengirimkan wakil atau duta siswa yang mengikuti OSN, O2SN, LPIR, FLS2N
                   dan lomba tingkat internasional.
                e. Mencetak siswa yang mempunyai kemampuan bertaraf nasional dan internasional.
                f. Mengirim utusan pertukaran pelajar dengan negara lain.

         3. RINCIAN PROGRAM KERJA DALAM 1 TAHUN
                1. Kegiatan Awal Tahun
    a.    Menyusun program kerja,OSIS, Wakil kesiswaan dan para Pembina OSIS
    b.   Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan
    c.    Bersama PKS  Humas menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta pembina upacara.
    d.   Mendata jadwal petugas piket OSIS
    e.    Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOPD (Masa Orientasi Siswa) sesuai juklak dan juknis.
    f.    Pengenalan dan pembinaan wawasan wiyata mandala,  pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan / OSIS dalam rangka penegakan disiplin melalui penerapan tata tertib siswa.
    g.   Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni keamanan, kebersihan,            ketertiban, kerindangan dan kekeluargaan.
    h.   Mengarahkan siswa untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib          diikuti sesuai minat dan bakat.
    i.     Mempublikasikan para pembina, pelatih dan kordinator kesiswaann.
    j.      Registrasi dan pencatatan anggota masing masing EKSKUL
    k.    Melaksanakan uji  kelayakan pengurus OSIS dan MPK
    l.      Mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus OSIS
    m.  Pempublikasian 5K pengurus OSIS dan MPK
    n.    Pempublikasian jadwal kegiatan mencakup: sarat calon penerima beasiswa
    o.    dan jenis beasiswa, calon siswa teladan serta karyawisata dan yang lainnya.
    1.    Pendataan biodata siswa  diklasifikasikan  sesuai minatnya dalam kegiatan    ekskul.
                2. Kegiatan Harian
    a.       Membina siswa untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada disekolah baik yang tertulis maupun yang tak tertulis.
    b.      Mengamatti dan mendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi di           SMP Negeri 1 Ciamis
    c.       Mendata dan memberikan point nilai pelanggaran bagi siswa yang melangggar         peraturan
    d.      Mengontrol pelaksanaan 5K dilingkungban sekolah
    e.       Melaksanakan tugas-tugas pendelegasian dari kepala sekolah
    f.       Menandatangani penggunaan anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaran  sekolah atas persetujuan pimpinan.
    g.      Mewakili guru piket jika yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
    h.      Mengirimkan siswa unntuk mengikuti undangan         dan penataran atas      persetujuan kepala sekolah
    i.        Mengirimkan pembina atau pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai         latihan atau perlombaan
                3. Kegiatan Mingguan
    a.       Mengawasi, mengontrol dan mengabsen pelaksanaan kegiatan ekstra kurikiler
    b.      Melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera tiap satu minggu sekali
    c.       Pembinaan tentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib            sekolah dan melaksanakan 5K.
                4. Kegiatan Bulanan
    a.       Membimbing pengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai    jadwal kegiatan seperti hari besar agama atau nasional
    b.      Penerbitan majalah siswa WaW / Mading
    c.       Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS dan MPK  dan para Pembina        OSIS atau dengan para Pembina lainnya
    d.      Bersama para pembina dan petugas piket mengadakan razia.
    e.       Melaksanakan rapat koordinasi dengan para Pembina.
                5. Kegiatan Semester I
    a.       MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik)
    b.      Upacara Bendera
    c.     Pengumuman berbagai hasil penilaian kreativitas siswa menyangkut 5K,   
      absensi dan pelaksanaan upacara pengibaran bendera.
    d.      Pemilihan MPK
    e.       Pemilihan OSIS
    f.       Pesantren kilat
    g.      Diklat ekstrakulikuler
    h.      Lomba Cepat Tepat Siswa
    i.        Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS).

    6. Kegiatan semester II
    a.       Karyawisata
    b.      Menyiapkan dan melaksanakan perpisahan kelas IX
    c.       Mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
    d.      Mengadakan razia
    e.   Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib :
    ·      Pidato bahasa inggris, bahasa sunda dan bahasa Indonesia.
    ·      LCC
    ·      Dakwah
    ·      Lomba Baca Puisi
    ·      Bola voli
    ·      Tenis Meja
    ·      Catur
    f.    Upacara pengibaran bendera
    g.   Peringatan Isra Miraj
    h.   Peringatan maulid Nabi Muhammad saw
    i.    EXPO
                7. Kegiatan Akhir Tahun
    1.      Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia siswa baru
    2.      Memberikan SK kepala Sekolah pada panitia penerimaan siswa baru
    3.      Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia MOPD
    4.      Memberikan SK kepsek pada panitia MOPD
    5.      Melaksanakan PSB dan MOPD
    6.      Laporan evaluasi Program
    H. PENUTUP
                Semua kegiatan yang akan dilaksanakan, baik  langsung oleh sekolah maupun oleh siswa yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian selalu terencana  dengan baik dan matangdengan selalu membuat rencana program kerja atau kegiatan dan rencana anggaran   kegiatan. Semua rencana harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan agenda sekolah dan selalu dipantau oleh Wakasek Manajemen Mutu dan Kepala Sekolah melalui Wakasek  Kesiswaan. Peran serta  yang sangat aktif dari seluruh siswa sangat diharapkan demi terwujudnya kepribadian siswa yang menuju ke arah
           yang positif.

                                                                                                     
    Mengetahui,
    Kepala Sekolah,




    Dr. AGUS SUMANTRI, M.Pd.
    NIP. 196306261984031008

    Ciamis,   Juli 2014
    Wakasek Kesiswaan,




    DADANG M. ROCHLIK, S.Pd.
    NIP. 196610212003121002












    Lampitan 1

    RENCANA PROGRAM KESISWAAN TAHUN 2014 - 2015

    No
    Unit/ Jenis Kegiatan
    Bulan
    Penanggung Jawab Pelaksana
    1
    Penyusunan Program Kerja Tahunan Kesiswaan  
    Mei 2014
    Pembina Kesiswaan
    2
    Penyusunan Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
    Juni 2014
    Pembina Kesiswaan  / Panitia PPDB
    3
    Penyusunan Program Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD)
    Juni 2014
    Pembina Kesiswaan / Panitia MOPD
    4
    Masa Orientasi Peserta Didik  (MOPD)  
    Juli 2014
    Panitia MOPD / Pembina Kesiswaan
    5
    Klasifikasi dan Distribusi Siswa Baru  
    Juli 2014
    Panitia PPDB / Pembina Kesiswaan
    6
    Perencanaan Program Ekstrakurikuler
    Juli 2014
    Pembina Kesiswaan  dan Para Pembina Ekstra
    7
    Pengambilan Data Murid / Data Kesehatan / Data Pribadi dan Psikotest (jika ada) / Data Pemahaman dan Praktek Ibadah
    Juli 2014
    Pembina Kesiswaan  dan BK
    8
    Penjadwalan dan Pembinaan Pelaksanaan Upacara Bendera
    Juli 2014
    Pembina Kesiswaan  / PKS Humas
    9
    Mutasi Siswa
    Tentatif
    Kepala Tata Usaha
    10
    Pengisian Klapper dan Ledger
    Juli 2014
    Staf Tata Usaha
    11
    Pengisian Buku Induk Siswa
    Juli 2014
    Staf Tata Usaha
    12
    Monitoring dan Pembinaan
    ·         Absensi Harian Siswa
    ·         Kasus-kasus Pelanggaran Tata Tertib Sekolah
    Tentatif
    Pembina Kesiswaan dan BK
    13
    Laporan Absensi Siswa Mingguan dan bulanan
    Tentatif
    Penjab Budaya Lingkungan / Guru Agama / Wali Kelas
    14
    - Kegiatan Ekstrakurikuler
    - Kebersihan (5K)
    - Bimbingan dan Konseling
    Tentatif
    Pembina Kesiswaan / Penjab Budaya Lingkungan / BK / OSIS
    15
    Lomba Cepat Tepat antar kelas

    Agustus 2014
    Pembina Kesiswaan
    18
    Persami Pramuka
    Agustus  2014
    Pembina Pramuka dan Pembina Kesiswaan
    17
    Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Siswa (OSIS)
    Agustus  2014
    Pembina Kesiswaan dan OSIS
    18
    Pemilihan dan Penyusunan Pengurus OSIS  
    September 2014
    Pembina Kesiswaan / /MPK 
    19
    Pelantikan OSIS dan Ekskul
    September 2014
    Pembina Kesiswaan
    20
    Perencanaan Program EXPO
    September 2014
    Pembina Kesiswaan
    21
    Peringatan Hari-Hari Besar Islam dan Nasional
    Tentatif 2014
    Penjab Budaya Lingkungan dan IRM
    22
    Perencanaan Program Study Tour (PKL)
    Oktober 2014
    Pembina Kesiswaan  / Wali Kelas
    23
    Pengayaan Persiapan Kls IX menghadapai ujian akhir
    Oktober 2014
    Pembina Kesiswaan 
    24
    Supervisi Kelas
    Tentatif
    Pembina Kesiswaan 
    25
    Kegiatan mengikuti lomba di tingkat Kabupaten sampai Nasional
    Tentatif
    Pembina Kesiswaan
    26
    Pengayaan siswa kelas IX tahap 1, 2 dan 3.
    Oktober 2014 - Maret 2014
    Pembina Kesiswaan
    27
    Pelaksanaan EKSPO
    Nopember 2014
    Pembina Kesiswaan
    28
    Pelaksanaan PKL Yogyakarta
    Desember 2014
    Pembina Kesiswaan
    29
    Try Out kelas IX tahap 1, 2 dan 3.
    Jan - Maret 2015
    Pembina Kesiswaan
    30
    Pelaksanaan Pekan Olah Raga dan Seni (pada masa persiapan pembagian laporan pendidikan)
    Juni
    2015
    Pembina Kesiswaan / OSIS / MPK / Wali Kelas
    31
    Penyusunan laporan dan penyerapan dana akhir tahun
    Juni 2015
    Pembina Kesiswaan
    32
    Penyusunan Laporan Akhir Tahun Pembina Kesiswaan SMPN 1 Ciamis
    Juni 2015
    Pembina Kesiswaan

    Mengetahui,
    Kepala Sekolah,




    Dr. AGUS SUMANTRI, M.Pd.
    NIP. 196306261984031008

    Ciamis,  Juli  2014
    Wakasek Kesiswaan,




    DADANG M. ROCHLIK, S.Pd.
    NIP. 196610212003121002



    Lampiran 2

    ATURAN SEKOLAH DAN TATA TERTIB SISWA
    SMP NEGERI 1 CIAMIS

    I. KEHADIRAN SISWA
    1.1.  Siswa wajib hadir di sekolah minimal 15 menit sebelum bel berbunyi, dan
            langsung melaksanakan absensi pada barcode Siswa.  
    1.2.  Pukul  07.00 s.d. 07.15 dimulai dengan membaca atau mendengarkan bacaan
            Qur’an (Muslim) 
      1.3.  Jam belajar dimulai 07.15 dengan berdo’a dipimpin guru bidang studi
      1.4.  Siswa terlambat datang ke sekolah harus lapor kepada guru piket dan diijinkan
              masuk kelas dengan surat ijin khusus
    1.5.  Jika .meninggalkan ruang belajar sebelum waktunya harus seijin guru mata pelajaran
      1.6.  Jika meninggalkan sekolah sebelum waktunya harus seijin guru piket dan wali  kelas
    1.7.  Selama pelajaran berlangsung dan pada pergantian jam pelajaran siswa dilarang berada di   
            luar kelas.
      1.8. Pada waktu istirahat, siswa dilarang berada di dalam kelas dan keluar dari lingkungan sekolah kecuali ada ijin dari sekolah (guru piket).

    II. KETERLAMBATAN HADIR
    2.1.  Dinyatakan terlambat bila hadir setelah bel tanda pelajaran dimulai sudah berbunyi
    2.2.  Guru piket dapat memberikan ijin untuk mengikuti pelajaran berikutnya dengan
            terlebih dahulu memprosesnya dengan mencantumkan angka kredit pelanggaran pada kartu kendali  siswa oleh Guru Piket.
    2.3.  Guru piket dapat memberikan hukuman fisik terukur, mendidik dan mengarahkan untuk  menunggu dilapangan (depan sekolah) sebelum masuk ruang belajar pada jam pelajaran berikutnya
    2.4.  Lima kali terlambat (kumulatif angka kredit 20) akan mendapat surat pemberitahuan - peringatan (yang ditujukan kepada orang tua)

    III.  KETIDAKHADIRAN
    3.1.  Sakit dinyatakan dengan surat keterangan dokter dari instansi yang berwenang (klinik,  puskesmas, dll yang sejenis)
    3.2.  Ijin dinyatakan dengan surat dari orang tua dan dilampiri fotocopy KTP orang tua penanda   tangan surat
    3.3.  Tidak menginformasikan ketidak hadiran melalui telepon
    3.4.  Dinyatakan Alpa jika tidak ada pemberitahuan resmi berupa surat dari orang tua
            atau surat  keterangan sakit
       3.5. Empat kali Alpa / tanpa keterangan (kumulatif angka kredit 20) siswa akan menerima surat pemberitahuan - peringatan kepada  orang tua
    IV. KERAPIHAN BERPAKAIAN SISWA/SISWI
    4.1.  Penjadwalan penggunaan pakaian seragam sekolah adalah :
    a. Baju putih, celana/rok
    biru pada hari Senin dan Selasa
    b. Baju batik, celana/rok
    biru pada hari Rabu s.d Kamis
    c. Pakaian
    Pramuka pada hari Jum'at dan Sabtu
    4.2.  Pakaian seragam yang dikenakan harus
    a. Mempunyai logo sekolah yang dijahit pada lengan baju putih sebelah kiri
    b. Mempunyai logo OSIS disaku sebelah kiri
    c. Mempunyai Badge pengenal nama sekolah (lokasi) yang dijahit pada lengan baju putih       
                 sebelah kanan
    d. Mempunyai Badge/papan nama jelas dibagian dada baju sebelah kanan
    e.  Tidak mengenakan asesoris tambahan selain pin OSIS atau Ekskul
    f.  Rapih, pantas, tidak terlalu ketat, tidak gombrang, mengenakan kaos  dalam/singlet
    g. Mengenakan pakaian olah raga resmi yang sudah ditentukan sekolah pada jam
                  pelajaran olah raga praktek
    4.3.   Mengenakan pakaian seragam resmi sekolah dengan tata cara :
    a. Rok sebatas lutut dengan baju dimasukan kedalamnya, dan mengenakan ikat pinggang                  hitam polos
    b. Rok sebatas mata kaki, baju lengan panjang bagi yang berjilbab
    c. Celana (tidak gombrang) dengan baju dimasukan kedalamnya, dan mengenakan ikat
                  pinggang hitam polos
    d. Tidak mempunyai coret-coretan atau logo tambahan lain
    e. Sepatu yang diperbolehkan hanya berwarna hitam polos (jenis warior) dan berkaos kaki
                  putih

    V. PENAMPILAN DIRI SISWA/SISWI
    5.1.  Rambut siswa tidak menutupi telinga, kerah baju, alis mata, dan tidak diwarna warni
    5.2.  Rambut siswi tidak terlalu pendek, diikat/dibando, tidak diwarna warni
    5.3.  Siswa tidak mengenakan kalung, cincin, gelang dan anting
    5.4.  Siswi tidak mengenakan asesoris dan kosmetik/make up yang berlebihan
    5.5.  Siswi tidak mengenakan cincin, kalung, gelang lebih dari satu
    5.6.  Anting wanita tidak lebih dari satu pasang
    5.7.  Tidak bertato dan tindikan
    VI.SARANA - PRASARANA BELAJAR SISWA/SISWI
    6.1.  Wajib melengkapi alat-alat kelengkapan belajar sesuai dengan yang telah ditentukan oleh sekolah/guru
    6.2.  Hanya boleh membawa ke sekolah buku-buku dan alat pembelajaran lain yang ada hubungannya dengan pelajaran
    6.3.  Menggunakan sarana-prasarana belajar di sekolah dengan baik dan benar agar tidak rusak atau hilang
    6.4.  Tidak "mencorat-coret" sarana-prasarana belajar dilingkungan sekolah
    6.5.  Tidak diizinkan membawa kendaraan roda empat , roda dua atau lebih
    VII.UPACARA BENDERA
    7.1.  Dilaksanakan setiap hari Senin pagi, dan hari-hari besar nasional
    7.2.  Siswa/siswi yang ditunjuk sebagai petugas upacara harus berlatih, mempersiapkan diri, dan melaksanakan tugas dengan baik
    7.3.  Siswa/siswi wajib mengikuti upacara bendera dengan tertib dan hikmat
    7.4.  Saat mengikuti upacara bendera siswa/siswi mengenakan pakaian seragam lengkap dengan topi
    7.5.  Siswa/siswi yang tidak mengikuti upacara bendera akan diberi sanksi/tindakan                  kedisiplinan yang sesuai
    VIII.ETIKA DAN SOPAN SANTUN SISWA/SISWI
    8.1.  Wajib menghargai, menghormati, menyapa Kepala Sekolah, Guru, Staff TU, Orang Tua dan sesama pelajar baik dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah
    8.2.  Wajib menjaga/memelihara Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Keindahan, Kenyamanan, Kerindangan, dan Kekeluargaan di dalam dan luar lingkungan sekitar SMP Negeri 1 Ciamis.
    8.3.  Tidak membuat coret-coretan dikelas, lingkungan sekolah dan luar sekolah
    8.4.  Ikut memelihara tumbuhan/taman di dalam maupun diluar lingkungan/sekitar sekolah
    8.5.  Tidak mengganggu/merusak sarana-prasarana belajar disekolah
    8.6.  Wajib menjaga nama baik sekolah di dalam maupun diluar sekolah
    8.7.  Wajib mengenal semua guru yang mengajar maupun yang tidak mengajar dikelas yang bersangkutan
                                      
    IX. LARANGAN
    9.1.  Dilarang mengenakan topi bebas, asesoris dan perhiasan berlebihan
    9.2.  Dilarang jajan pada waktu jam pelajaran berlangsung
    9.3.  Dilarang membawa ponsel/HP
    9.4.  Dilarang keras membawa rokok, minuman beralkohol, narkoba, senjata tajam/api
            ke lingkungan sekolah
    9.5.  Dilarang menerima tamu di dalam kelas dan dilingkungan sekolah tanpa seijin guru piket
    9.6.  Dilarang membawa uang melebihi keperluan belajar disekolah
    9.7.  Dilarang melakukan kegiatan yang merugikan diri sendiri, sekolah dan masyarakat
    9.8.  Dilarang keras melakukan keributan, perkelahian, dan pemerasan
    9.9 . Dilarang keras membawa koran/majalah, buku-buku, VCD, yang bersifat porno grafi dan 
            porno aksi
    9.10.  Dilarang keras merokok, minum-minuman beralkohol dan menggunakan narkoba di dalam maupun di luar lingkungan/sekitar sekolah
    9.11.  Dilarang keras melakukan kegiatan yang mengganggu ketertiban belajar dan ketertiban umum
    9.12.  Dilarang keras melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan kepribadian pelajar dan kepribadian nasional
    X.SANKSI - HUKUMAN – TINDAKAN
     Siswa/siswi yang melanggar/tidak mematuhi aturan sekolah dan tata tertib siswa
     dikenakan sanksi-hukuman-tindakan sebagai berikut :
    10.1.   Peringatan lisan
    10.2.   Peringatan tertulis
    10.3.   Pemberitahuan-peringatan kepada orang tua
    10.4.   Panggilan orang tua
    10.5.   Hukuman fisik yang terukur dan mendidik
    10.6.   Penugasan mendidik dan tidak merugikan siswa
    10.7.   Penggantian material tertentu sesuai pelanggaran yang dilakukan
    10.8.   Pemotongan rambut, Pengecatan hitam sepatu, penyitaan barang yang tidak 
               sesuai aturan dan lain-lain yang bersifat mendidik
    10.9.   Penundaan belajar (skorsing)                                                                                                                                   
    10.10. Pengembalian kepada orang tua (dikeluarkan dari sekolah)
    10.11. Hal tindakan yang menyangkut pidana/perdata yang tidak dapat diselesaikan
               disekolah akan diserahkan kepada pihak yang berwajib
    XI. SANKSI KHUSUS
    11.1. Siswa/siswi yang menggunakan HP pada saat jam pelajaran masih berlangsung disekolah akan dikenakan tindakan berupa  penyitaan HP tersebut dan akan dikembalikan kembali kepada orang tua pada saat pembagian raport dan/atau kenaikan kelas dan pada saat kelulusan (untuk kelas IX)
    11.2. Ketidakhadiran siswa (alpa) yang melebihi 4% dari hari efektif belajar satu tahun tidak memenuhi persyaratan untuk naik kelas
    11.3. Ketidak hadiran siswa (alpa) yang melebihi 4% pada hari efektif belajar (mata pelajaran) per semester tidak akan tidak akan diikutsertakan dalam kegiatan ulangan semester dan remidial ataupun pada perbaikan nilai di akhir semester

    XII.  HAL-HAL YANG BELUM  TERCANTUM  DALAM ATURAN 
             SEKOLAH  TATA TERTIB SISWA INI AKAN DITENTUKAN
             KEMUDIAN  SESUAI  DENGAN KEBIJAKAN SEKOLAH


            Mengetahui                                                             Ditetapkan
            Ketua Komite                                                         Pada Tanggal 14 Juli 2014
            SMP N 1 Ciamis                                                     Kepala SMP N 1 Ciamis




            ENDANG SUPRIATNA,SH.,M.Si                     Dr. AGUS SUMANTRI, M.Pd.
                                                                                           NIP. 196306261984031008

                                                                               

          
                                                                    


    Lampiran 3
    DATA DAN JADWAL EKSKUL SMPN 1 CIAMIS TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015
    NO
    NAMA EKSKUL
    JADWAL LATIHAN
    KOORDINATOR
    PEMBIMBING
    PELATIH
    HARI
    WAKTU
    1
    IRM
    Sabtu
    13.00 s/d 15.00
    Fadhlan Fauzan
     Tata Bahtiar
    Tata Bahtiar
    2
    KPM
    Kamis
    14.00 s/d 16.00
    Anggi Lestari
     Iis Kiromin
    Iis Kiromin
    3
    KPI
    Sabtu
    14.00 s/d 16.00
    Muhamad Rizky F
     Anita Sintawati
    Anita Sintawati
    4
    English Club
    Kamis
    14.00 s/d 16.00
    Rafly Nur A
     Elis Mustika
    Elis Mustika
    5
    Kesenian
    Rabu & Sabtu
    14.00 s/d 16.00
    Aditia Dwi Yana
     Cucu Muharram
    Cucu Muharram
    6
    Seni Rupa
    Sabtu
    14.00 s/d 16.00
    Novia Kusuma Putri
     Aan, Sukamana
    Aan, Sukamana
    7
    Seni Tari
    Sabtu
    14.00 s/d 16.00
    Dinda Maulida
     Aris Mulyana
    Aris Mulyana
    8
    Drumband
    Sabtu
    14.00 s/d 16.00
    Nea Sherina
     Cucu Muharram
    Cucu Muharram
    9
    Teater
    Sabtu
    14.00 s/d 16.00
    Mutiara ZM
     Dadang M. Rochlik
    Kang. Aris
    10
    Paduan Suara
    Kamis
    14.00 s/d 15.00
    Tasya Azharani P

     Hanny Indriani
    Hanny Indriani
    11
    Jurnalis
    Sabtu
    14.00 s/d 16.00
    Sofa Dania
     Dadang M. Rochlik
    Reni Aulia
    12
    Kuliner
    Jum'at
    14.00 s/d 16.00
    Sri Latifah
     Tjutju Supriatin
    Tjutju Supriatin
    13
    PMR
    Jum'at
    13.00 s/d 15.00
    Nida Fadilla S
     Lilim Halimah
    Lilim Halimah
    14
    Sepakbola
    Selasa
    15.00 s/d 16.00
    Rifky Hadzqi Fadhilah
     Dedi Yuhendi
    Dharisman
    15
    Basket
    Selasa
    15.00 s/d 16.00
    Hildan Kholil A         
     Agus,  Mira
     Agus Sukanda
    Jum'at
    14.00 s/d 16.00
    16
    Volly
    Senin, Rabu, Sabtu
    15.00 s/d 16.00
    Firman Kurniawan
    Uyat Ruhiyat
    Uyat Ruhiyat
    17
    BKC
    Selasa & Jum'at
    15.00 s/d 16.00
    Syahrul N
    Tata Bahtiar
     Tata Bahtiar
    18
    Pramuka Inti
    Jum'at
    13.00 s/d 16.00
    Raka Ardyana
    Tata,  Hendra
    Penggalang
    Rana Rosalina
    19
    Paskibra
    Selasa & Sabtu
    14.00 s/d 16.00
    Farsya Rasyida J
    Iman Suryaman
    Kang. Cakra
    20
    PKS
    Jum'at
    13.00 s/d 16.00
    Maya Melinda P
    Rita
    POLRES Ciamis
    21
    Catur
    Selasa
    14.00 s/d 16.00
    Yu Yosua Lesmana
    Nana Sulriana
    Nana Sulriana
    22
    Pencak Silat
    Senin - Kamis
    14.00 s/d 16.00
    Fatwa Vemar
    Uyat Ruhiyat
    Uyat Ruhiyat
    23
    Sinematografi
    Sabtu
    14.00 s/d 16.00
    Hasna Juniasa
    Dadang M.Rochlik
    Dadang M.Rochlik














                             
          Mengetahui                                                                                    Ciamis, 1 Juli 2014
          Kepala SMPN 1 Ciamis,                                                               Wakasek Kesiswaan,



          DR. AGUS SUMANTRI, M.Pd.                                                  DADANG M.ROCHLIK, S.Pd.
          196306261984031008                                                                196610212003121002












                                                                                                                        







                                                                                        

    No comments:

    Tautan

    Budaya dan Lingkungan

    Info Sekolah